Siapa yang bulan Desember kemarin ikut kegiatan nangis massal di gedung bioskop saat lagi nonton Film IndonesiaHabibie dan Ainun”? Pasti hampir semua yang nonton ikut nangis dan terharu dengan kisah romantisme Mantan Presiden ke-3 Indonesia, B.J. Habibie dengan istrinya Ibu Ainun, iya kan? Terus siapa yang sekarang jadi hobby muncak gunung sehabis nonton Film Indonesia5 CM”? Banyak juga kan? Melihat kisah persahabatan dan cinta dalam film "5 CM" dengan alur dan setting di Gunung Semeru, yang tentunya menunjukkan keindahan gunung tersebut membuat para penonton menjadi tertarik untuk mencoba menaklukkan gunung tertinggi di Jawa itu.

Itulah sisi lain dari sebuah film, bisa memberikan motovasi dan pengaruh yang bisa dikatakan sangat besar. Sebuah film bukan hanya sebuah hiburan belaka. Sebuah film tentu dibuat dengan tujuan menyampaikan pesan tertentu kepada para penonton. Untuk itu kwalitas dari sebuah film harus diperhatikan karena bisa memberikan pengaruh besar terhadap penontonnya.

Jika dilihat dari isi dan pesan moral dalam dunia perfilman Indonesia, bisa digolongkan dalam dua kategori umum, yaitu film yang hanya sekedar hiburan dan film yang menghibur sekaligus mendidik. Film-film dengan genre horror yang sempat menjadi tren akhir-akhir ini hanya sekedar hiburan dan terkadang justru memberikan kesan-kesan negatif dengan menayangkan adegan dalam film dengan bumbu-bumbu seks yang tentu itu semua diluar ajaran moral bangsa kita.

Namun sekarang kita bisa berbangga dengan dunia perfilman Indonesia karena mulai banyak film-film berkualitas yang selain menghibur juga memberikan pesan dan pelajaran yang baik kepada penontonnya. Diawali dengan munculnya Film “Laskar Pelangi” yang menyadarkan kita betapa pentingnya pendidikan dalam hidup kita. Kemudian “Ayat-ayat Cinta” mengawali film-film dengan genre islami yang memberikan pelajaran tentang ajaran islam yang toleran. Dan juga dua film diatas yang baru rilis bulan desember kemarin sungguh film yang luar biasa. Film-film seperti inilah yang patut kita dukung dan pertahankan agar generasi muda tak mudah terpengaruh dengan ajaran dan pesan dalam film-film yang tak bermoral dan tak bertanggung jawab.

Film Indonesia juga mengalami perkembangan yang sangat bagus di mata perfilman dunia. Terbukti dengan masuknya beberapa Film Indonesia dalam ajang penghargaan kelas internasional. Dan yang masih hangat dalam ingatan kita adalah masuknya Film Indonesia “The Raid, Rademption” dalam ajang penghargaan film di AS yeng mana hal ini menunjukkan kualitas Film Indonesia tak kalah dengan film-film keluaran Hollywood.

Maju terus Film Indonesia...!

1 komentar:

  1. Salam Persaudaraan Kami dr Kab Batang Kunjungi Balik ya Blog saya

    BalasHapus

 
Wawa eN Venture © 2010 - 2016. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Top