Pulau Bali memang bisa dibilang surganya para Traveler. Banyaknya tempat wisata dengan pengelolaan pariwisata yang sudah baik serta pelayanan yang baik pula membuat Bali masuk dalam daftar kunjungan para Traveler.

Bukan hanya pantainya saja yang indah, tapi di pulau yang mempunyai sebutan pulau dewata ini juga mempunyai danau yang menawan. Di Kabupaten Tabanan, tepatnya di Bedugul kita akan menemukan alasan mengapa Tanah Air kita ini disebut “Tanah Surga”. Di dataran tinggi Bedugul kita akan menemukan tiga buah danau, masing-masing adalah Danau Tamblingan, Danau Buyan dan Danau Beratan. Bayangkan, di ketinggian lebih dari 800 mdpl yang pastinya udaranya dingin, jauh dari kebisingan kota sedang di depan kita terhampar luas birunya air danau dengan di kelilingi pegunungan yang berwarna hijau kebiruan. Sungguh menakjubkan.

Tahun 2011 lalu, tepatnya bulan Oktober tanggal 13, aku berkesempatan melihat danau ini untuk pertama kalinya dengan mata kepalaku sendiri. Ini dia pemandangan Danau Beratan saat aku mengunjungnya. 

Danau Beratan, Bedugul, Tabanan, Bali.
Danau Tamblingan dan Danau Buyan letaknya berdekatan, sedangkan letak Danau Beratan agak terpisah namun tak terlalu jauh, karena ketiga danau ini sama-sama berada dalam sebuah kaldera besar.

Untuk yang ingin mengelilingi danau, nggak usah khawatir. Disini ada jasa perahu dan boat (perahu motor) dan tarifnya nggak terlalu mahal kok, waktu itu kami menggunakan perahu motor dan hanya membayar Rp 35.000,- aja untuk sekali jalan. Kami tidak berkeliling danau tapi kami mengunjungi Bedugul Wana Villas yang berada di seberang danau. Untuk menuju ke seberang danau tempat Badugul Wana Villas berada, hanya membutuhkan waktu 10 menit dengan menggunakan perahu motor. 

Dermaga Utama Danau Beratan.
Dan ini dia pemandangan di area Bedugul Wana Villas yang berada di seberang Danau Beratan yang mempunyai luas lebih dari 15 hektar dengan villa yang berjajar-jajar.

Bedugul Wana Villas, Danau Beratan, Tabanan, Bali.

Bersama kawan-kawan sesampai di Dermaga Bedugul Wana Villas, Danau Beratan, Tabanan, Bali.
Dermaga Bedugul Wana Villas di seberang Danau Beratan, Bali.
Ini dia bentuk villa yang ada di Bedugul Wana Villas ini. Konsep villa ini menurutku bisa membuat penghuninya menyatu dengan alam. Dengan melihat ke depan kita bisa melihat Danau Beratan, dan ketika melihat di belakang akan kita lihat pegunungan tinggi yang hijau menyejukkan.

Villa di Bedugul Wana Villas, menyatu dengan alam.

Ngintip dikit, sapa tau aja ntar bisa nginep di villa, hahaa.
Jalan-jalan di areal Bedugul Wana Villas ini juga asik untuk dinikmati. Dengan taman-taman yang ada di samping jalan, membuat kita menjadi sejuk saat berjalan mengelilingi areal ini.

Jalan-jalan di Bedugul Wana Villas, Danau Beratan, Bali.

Taman di sepanjang jalan Bedugul Wana Villas.
Yang ingin menikmati indahnya Danau Beratan juga di sediakan semacam gardu pandang di pinggir-pinggir danau di sekitar taman.

Istirahat sambil menikmati indahnya Danau Beratan.

Mulai gila dengan keindahan Negeri ini, Negeriku Indonesia.
Gardu pandang di pinggir Danau Beratan.
Belum puas untuk menikmati keindahan Danau Beratan ini, tapi kenyataannya pimpinan rombongan udah teriak-teriak untuk segera berkumpul untuk melanjutkan perjalanan. Dengan berat hati kami kembali menuju dermaga dan kembali menyeberangi Danau Beratan dengan perahu motor yang sudah menanti kami sejak tadi.

Menyeberangi kembali Danau Beratan.

Membelah Danau Beratan, Bedugul.
Danau Beratan, Bedugul, Tabanan, Bali.

Mungkin banyak dari kita pernah melihat lukisan atau foto sebuah pura yang mengapung di atas air seperti foto di bawah ini.

Pura Ulun Danu, Danau Beratan, Bedugul. [foto: www.indonesia.travel]
Nah, pura itu namanya Pura Ulun Danu, dan ternyata pura ini berada di danau ini, tepatnya di bagian barat Danau Beratan, tak jauh dari jalan raya. Tapi sayang, saat aku mengunjungi danau ini aku tak sempat mengunjungi pura itu karena rombongan kami harus segera melanjutkan perjalanan. Itulah nggak enaknya wisata kalo ikut rombongan, nggak bebas. Enakan pergi sendiri dengan ngajak beberapa temen dan jadwal perjalanan benar-benar ada di tangan kita sendiri, jadi lebih enjoy dalam menikmati perjalanan. Okey, selamat berpetualang. :D

Oke Traveler, itu tadi catatan perjalananku saat pergi ke Danau Beratan di Bedugul, Kabupaten Tabanan, Bali. Untuk pergi ke danau ini sangat mudah karena posisi danau ini tepat di pinggir jalan provinsi yang menghubungkan Kota Denpasar dan Singaraja, ± 70 KM sebelah utara daerah wisata Kuta, jadi sangat mudah untuk menemukan posisi danau ini. Lihat Peta di bawah ini. Titik A merupakan Dermaga utama Danau Beratan. Titik B adalah posisi dimana Bedugul Wana Villas berada. Sedangkan titik C adalah letak Pura Ulun Danu.

Peta Rute Pura Ulun Danu dan Danau Beratan, Bedugul, Tabanan, Bali

3 komentar:

  1. Tahun kemarin study tour kesini. Keren banget tempatnya. Dingin, tenang, dan sakral. Fasilitasnya juga memadai, recommended banget deh pokoknya.

    BalasHapus

 
Wawa eN Venture © 2010 - 2016. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Top