Oleh-oleh Boyolali sangat banyak jenisnya, dan dijamin beda banget dengan oleh-oleh di daerah lain.

Berikut 7 (tujuh) oleh-oleh khas Kota Boyolali yang sayang untuk dilewatkan ketika berkunjung atau sekedar lewat di Kota Boyolali.

Produk Susu Sapi

Boyolali memang terkenal dengan  Susu Sapinya. Tapi karena susu sapi segar tak bisa dijadikan oleh-oleh karena tak tahan waktu lama, maka alternatifnya adalah mencari oleh-oleh produk turunan dari susu. Ada dua makanan yang bisa didapatkan di Boyolali, yaitu Dodol Susu dan juga Keju.

1. Dodol Susu
Seperti namanya, dodol ini mempunyai aroma khas susu. Bukan karena diberikan perasa susu, tapi memang dodol ini memang dibuat dengan campuran susu sapi segar yang banyak dihasilkan oleh para peternak sapi perah di daerah Selo, Boyolali. Jadi ketika sedang jalan-jalan ke Boyolali atau berwisata ke kawasan Gunung Merapi di Selo jangan lupa untuk membeli Dodol Susu ya.

  
2. Keju
Masih dari daerah Selo, Boyolali, bagi yang mempunyai selera tinggi bisa mencicipi keju asli dari Selo. Pemiliknya adalah warga Belanda yang sudah menetap di Indonesia dan ingin mengembangkan potensi Susu Sapi di daerah Selo. Keju Meneer namanya. Tapi bagi yang ingin merasakan keju namun tak ingin jauh-jauh sampai di Selo, sahabat juga bisa mampir di Keju Indrakila di Kota Boyolali. Tentu dua jenis keju ini berbeda satu sama lain, karena memang masing-masing keju mempunyai karakter sendiri-sendiri. Biar tahu perbedaannya, mending beli dua-duanya kemudian bandingkan rasanya.


Produk olahan Daging Sapi

3. Abon & Dendeng Sapi
Boyolali juga merupakan daerah pemasok daging sapi yang sangat besar di Indonesia. Oleh masyarakat sekitar kemudian dimanfaatkan dengan membuat berbagai produk olahan baik dari daging, kulit maupun tulang sapi. Tapi yang sering dijadikan oleh-oleh adalah Abon dan dendeng sapi, serta petis. Walaupun ada juga olahan tulang berupa kripik, namun kripik tulang belum lah setenar abon sapi.


4. Petis Sapi
Untuk rasa hampir seperti abon namun bentuknya kental, seperti pada umumnya bentuk petis. Karena bukan makanan kering, maka Petis Sapi ini tidak terlalu awet lama jika tidak dimasukkan ke dalam lemari pendingin. Jadi jika ingin dijadikan oleh-oleh, tanyakan dulu kira-kira petisnya tahan sampai berapa hari ya gaes.
 
(sumber foto : writingoncoffee.blogspot.com)

Abon, dendeng dan petis sapi, bisa dibeli di pusat oleh-oleh di daerah Ampel, Boyolali. Di sekitar Pasar Ampel ada banyak toko oleh-oleh yang menjual produk-produk tersebut, salah satunya Toko Abon Ampel yang sudah melegenda. Toko yang bercat hijau tua itu produknya sudah banyak beredar di Ibu Kota, jadi sudah tidak diragukan lagi kualitasnya.

Produk Lainnya

5. Kripik dan Abon Lele
Selain penghasil susu dan daging sapi, Boyolali juga penghasil serta pemasok Ikan Lele. Bahkan di daerah Boyolali ada Kampung Lele yang dulu diresmikan oleh Bapak Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) ketika masih menjabat sebagai Presiden RI.

Oleh masyarakat sekitar, ikan lele diolah menjadi berbagai macam bentuk makanan. Yang paling banyak adalah olahan dalam bentuk abon dan kripik. Abon diolah dari daging ikan lele dan kripik dibuat dengan bahan kulit ikan lele. Rasanya tentu berbeda dengan abon sapi dan kripik lainnya. Maka dari itu sangat sayang jika sudah ke Boyolali namun tidak sampai membeli abon dan kripik lele.


Bagi yang ingin mencicipi abon dan kripik lele bisa langsung pergi ke tempat produksinya di Kampung Lele. Itung-itung sambil berwisata juga. Atau kalau tak mau jauh-jauh ke sana, bisa juga didapat di toko oleh-oleh di sepanjang Jalan Pandanaran, Kota Boyolali.

6. Keripik Ceker
Selain kripik lele, ada juga oleh-oleh berupa kripik ceker. Berbahan ceker ayam yang sudah dihilangkan tulangnya, maka kulit dan sedikit daging cakar ayam ini disulap menjadi makanan yang sangat diminati banyak orang. Bahkan orang yang tidak suka cakar ayam pun bisa sangat doyan dengan kripik ceker ini. Tambah satu lai oleh-oleh yang sayang untuk dilewatkan ketika ke Boyolali.

(Sumber foto : www.kaskus.co.id)

7. Marning
Satu makanan lagi yang sayang jika tidak dimasukkan ke dalam list oleh-oleh. Marning Boyolali. Masih sama dengan bentuk marning pada umumnya. Tapi yang membedakan adalah rasa dan juga kerenyahan dari Marning Boyolali. Rasakan perbedaannya dengan membeli Marning Boyolali.

(Sumber foto : agustinasalashitaauralia.blogspot.com)

Marning dan Kripik Ceker ini bisa didapatkan di toko oleh-oleh di sepanjang Jalan Pandanaran, Kota Boyolali.

Nah, itu tadi 7 (tujuh) oleh-oleh khas Kota Boyolali yang sayang untuk dilewatkan ketika berkunjung atau sekedar lewat di Kota Boyolali.
Next
This is the most recent post.
Previous
Posting Lama

21 komentar:

  1. Tetep didominasi dengan sapi ya. . Enaks semuanya. .

    BalasHapus
  2. oh gitu, oleh olehnya menggiurkan dan cekernya enak
    @guru5seni8
    http://hatidanpikiranjernih.blogspot.com

    BalasHapus
  3. ohh..baru tau kalo Boyolali itu dominan panganan khas dari olahan sapi
    Keripik cekernya pernah icip-icip oleh2 dari tmn yg orang Boyolali
    Enak, gurih, nagih. Heheheh

    @Siethi_nurjanah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tuh kan, bikin nagih...kalau mau nyicip lagi, boleh lah order sama saya, ntar aku kirim, hihii

      Hapus
  4. aku penasaran sama keripik dan abon lele. kayak gimana ya rasanya? hmmm pengen :)

    @gemaulani

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pengen? Mau beli? Order sama saya bisa kok...free ongkir deh. =))

      Hapus
  5. Balasan
    1. Yang mana gan? Kalau mau nyicip, sini main Boyolali, atau boleh jg order, hihii

      Hapus
  6. Balasan
    1. Baru tau dan penasaran kan? Brarti tulisan saya ini sedikit ada manfaatnya bagi Boyolali, hihii. =))

      Hapus
  7. pengen nyicip lah yang abon sapi ituu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleh boleh...bisa langsung ke Boyolali atau tinggal order aja :d

      Hapus
  8. Kalo saya main ke boyolali saya pengen nyobain makanan nomer 4, soalnya namanya saja saya baru denger .. xixixi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dijamin rasanya mak nyus dan bikin nagih. =p~

      Hapus
  9. terimakasih infonya. nah bagi anda yang ingin berkunjung ke kota tersebut kami Genhomtour melayani jasa sewa mobil. terimakasih

    BalasHapus

 
Wawa eN Venture © 2010 - 2016. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Top