Seiring dengan berjalannya waktu, perkembangan tekhnologi semakin menunjukkan perannya dalam menopang kebutuhan manusia. Kehadiran teknologi mekanik seperti mobil dan pesawat, sangat dirasakan manfaatnya oleh manusia karena dapat membuat pekerjaan menjadi lebih praktis. dengan kehadiran teknologi-teknologi tersebut, waktu dan biaya pun menjadi lebih hemat. Hubungan antar daerah bahkan negara menjadi lebih luas.

Kemajuan teknologi mekanik juga diikuti dengan kemajuan teknologi informasi, diawali dengan penemuan telegram, gelombang radio sampai penemuan telepon dan jaringan internet. Dengan kehadiran teknologi-teknologi informasi ini, membuat komunikasi dengan orang yang berbeda tempat menjadi lebih mudah, cepat dan hemat biaya.

Di tahun 2013 ini, kebutuhan internet sudah menjadi kebutuhan pokok bagi sebagian manusia, terutama bagi mereka yang bergerak dalam bidang informasi global. bahkan sekarang ini hampir segala bentuk pekerjaan tak lepas dari internet baik penggunaannya hanya untuk mencari informasi, kerjasama maupun pemasaran.

Akhir-akhir ini, banyak terdapat media sosial yang memberikan wadah kepada masyarakat untuk saling bersosialisasi satu sama lain. Dengan adanya media sosial tersebut membuat orang lebih mudah berinteraksi dengan orang lain yang berada ditempat lain, bahkan negara yang berbeda. Dengan Media tersebut kita bisa berkomunikasi layaknya kita berada di satu bangku dedang membicarakan sebuah topik, saling tukar pendapat dan diskusi.

Twitter, Facebook dan Blog adalah media yang paling banyak digemari oleh masyarakat. Karena media-media ini memberikan kemudahan telekomunikasi dan ruang yang bebas dan luas. Banyak komunitas-komunitas yang berdiri dari ketiga media tersebut. Adanya Kultwit di Twitter, Grup Facebook dan Komunitas Blog yang tersebar di seluruh dunia.

Khusus di media blog, akhir-akhir ini banyak bermunculan blogger-blogger baru yang memanfaatkan media ini untuk berbagi informasi karena dibandingkan dengan Facebook dan Twitter, Blog mempunyai kelebihan yaitu tidak dibatasi jumlah karakter untuk tiap-tiap posting. Munculnya blogger-blogger baru ini diikuti pula tumbuhnya benih-benih kemunitas-komunitas blogger yang awalnya terdiri dari segelintir blogger yang kemudian memiliki anggota ribuan. Misalnya Dot Semarang, sebuah komunitas Blog Detik di Semarang, Komunitas Bloofers, Blog of Friendship, Komunitas Warung Blogger, Komunitas Blogger Borneo dan masih banyak komunitas-komunitas Blog lainnya.

Dengan adanya komunitas blog ini, semoga budaya menulis dan saling tukar informasi menjadi lebih maju. Selain itu, dengan adanya komunitas blog, para blogger pemula tak perlu jauh-jauh untuk belajar cara membuat blog yang menarik dan tentunya bermanfaat bagi para pembaca. Komunitas blog akan membuat para blogger lebih efektif dalam mengelola blognya karena adanya kontrol dan masukan dari blogger-blogger lainnya yang tergabung dalam satu komunitas.

Semoga di tahun 2013 ini tumbuh komunitas-komunitas blog yang melahirkan blogger-blogger handal dari Indonesia.

2 komentar:

 
Wawa eN Venture © 2010 - 2016. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Top