"Habis manis, sepah dibuang."

Duh duh, anak-anak jaman sekarang, layang-layang nyangkut ditinggal begitu aja. Tinggal beli lagi di warung/toko sudah bisa main lagi. Ngebayangin jaman dulu waktu aku masih kecil, sehari dikasih uang itu ya cuma uang jajan saat mau sekolah aja. Jarang banget dikasih uang hanya untuk membeli layang-layang seperti ini. Kalau meu beli ya harus nahan gak jajan saat di sekolah.

Seringnya aku dan teman-temanku membuat layang-layang sendiri. Dengan modal plastik bekas dan untuk bambu tinggal nyari dibelakang rumah. Membuat kerangka layang-layang sendiri, diukur keseimbangannya agar saat terbang bisa stabil. Setelah kerangka jadi, ditempel plastik sebagai bahan kontruksi utamanya. Seringkali dibagian sayap dan ekor layang-layang buatanku dan teman-teman dimodifikasi sedemikian rupa, agar terlihat bagus. Jadi untuk kreatifitas anak-anak jaman dulu jangan ditanya lagi.

Kalau anak-anak sekarang mah enak, terasa dimanjakan dengan fasilitas yang serba ada. Seperti pada foto, layang-layang nyangkut tinggal beli lagi dan udah bisa menerbangkan layang-layang lagi (terlihat layang-layang yang udah terbang tinggi di sebelah layang-layang yang nyangkut).

Kalau dulu, jika saat main layang-layang tiba-tiba benangnya putus, akan dikejar sampai dapet. Dan jika ada layang-layang yang nyangkut seperti di foto itu pasti akan melakukan berbagai hal untuk mengambilnya lagi, karena memang sangat berharga banget bagi kami. Karena kalau hilang, males Sob mau buat lagi...hahaa.

Tapi jika aku pikir-pikir, beruntung banget aku masih merasakan masa-masa seperti itu. Mengejar layang-layang yang terbang bebas dihempas angin, bertualang ke hutan (lebih tepatnya ladang penduduk) mencari burung, menyusur sungai mencari ikan, kalau beruntung bisa dapet emas yang lagi ngapung di sungai, hahaa.

Sekarang coba lihat anak-anak sekarang, karena termanjakan teknologi gak merasakan hal-hal asik seperti itu kan. Kerjaannya cuma main PS, Game Online, internetan di Warnet, duh duh, semoga gak buka yang aneh-aneh ya... :D

Kalau aku sih cuma berharap, dengan berkembangnya teknologi seperti sekarang ini semoga pendidikan anak semakin berkembang dan maju. Tidak hanya membuat anak-anak pintar namun juga membuat anak-anak cerdas, bermoral dan berakhlaq mulia. Aamiin.

4 komentar:

  1. aminnn wkwk
    akhirnya bertandang juga aku ke blog mu
    keep writin ya bengg
    :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Duh duh duh...udah bertahun-tahun aku bertandang ke Blogmu, kamu baru kali ini menyambangi Blogku...ckkk

      Oke sip...!
      kamu juga Tun...tunjukkan bahwa Wong nDeso juga bisa berbagi pada dunia. :D

      Hapus
  2. Aamiin..
    Memang,zaman saya kecil juga klo mau beli mainan nabung sendiri. Ngumpulin uang dari uang jajan yg dikasih ortu :)

    BalasHapus

 
Wawa eN Venture © 2010 - 2016. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Top