Kembang Pete atau Bunga Petai
Iseng-iseng aku ngambil foto Kembang Pete ini di pinggir jalan saat pulang dari Halal Bi Halal di Klaten. Saat aku berhenti menunggu teman yang ketinggalan, aku berhenti di bawah pohon pete dengan maksud berteduh dari teriknya matahari. Aku tak sadar kalau pohon besar di sampingku itu adalah pohon pete. Aku baru ngeh saat ada bunga yang jatuh di samping motorku. Langsung deh aku ambil dan aku foto. Aku lupa dimana foto ini diambil, tapi yang jelas masuk daerah Tulung, Klaten.

Kembang Pete atau Bunga Petai memang unik. Berbeda dengan bentuk bunga pada umumnya yang dihiasi dengan kelopak yang menawan. Bentuknya bulat, dengan warna kuning dan putih. 

Kembang Pete berjenis bunga majemuk, tersusun dalam bongkol (khas Mimosoidae). Bunga muncul biasanya di dekat ujung ranting. Dari Bunga ini akan tumbuh buah atau biji. Buahnya besar, memanjang, betipe buah polong. Dari satu bongkol dapat ditemukan sampai belasan buah. Dalam satu buah terdapat hingga 20 biji, yang berwarna hijau ketika muda dan terbalut oleh selaput agak tebal berwarna coklat terang. Buah petai akan mengering jika masak dan melepaskan biji-bijinya.

1 komentar:

 
Wawa eN Venture © 2010 - 2016. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Top