Berawal dari Foto Keluarga

   
Berawal dari Foto Keluarga

Berawal dari Foto Keluarga

Aku akui saat ini aku jatuh cinta dengan yang namanya Photography. Sebelum aku kenal dengan seluk beluk dunianya, aku hanya melihat hasil karyanya. Untuk tahu wujudnya sangatlah sulit, karena saat aku masih duduk di sekolah dasar, jarang yang mempunyai sebuah kamera.

Sebuah foto keluarga yang terpajang di dinding sangat membuatku terpesona. Sebuah kertas sebesar buku gambarku yang biasa aku bawa ke sekolah, bedanya kertas ini terdapat gambar nyata di dalamnya, dan gambar diriku pun ada di salah satu gambar nyata itu. Di bawah foto keluarga itu juga terdapat dua foto, yang satu foto anak laki-laki yang sedang duduk dengan hanya mengenakan kaos singlet berwarna merah. Sedangkan foto di sampingnya ada seorang gadis kecil yang mengenakan gaun putih dengan hiasan gambar bintang berwarna biru.

Aku suka melihat ketiga foto itu, tak seperti melihat gambar, saat aku melihat ketiga foto itu aku merasa ada sebuah bayangan yang terlintas di pikiranku. Foto itu berbicara padaku tentang kehidupan sebuah keluarga. Foto itu juga menceritakan siapa bocah laki-laki dan gadis mungil itu, yang tak lain adalah diriku dan sepupuku.

Sejak saat itu aku ingin semua keluargaku mempunyai foto masing-masing. Yah, mungkin karena itu aku jadi suka dengan dunia fotografi. Walaupun saat itu di keluargaku tak punya yang namanya kamera, tapi saat ada acara kemudian meminjam kamera, aku selalu minta bagian untuk mengambil foto, walaupun cuma satu jepretan foto.

Waktu terus berjalan dan tak terasa aku sudah masuk di sekolah menengah atas atau SMA. Aku disekolahkan di luar kota, jauh dari orang tua, keluarga dan anaknya tetangga ;p Aku harus beradaptasi dari awal lagi, mencari teman dan sahabat lagi. Tempat baru, suasana baru, sekolah baru, teman baru, dan guru baru. Tapi aku bangga, di SMA ini aku mempunyai guru-guru yang hebat. Tak seperti guru pada umumnya, guru-guruku mempunyai banyak talenta, multitalent kalau orang bilang. Lihat saja guru olahragaku, beliau sebenarnya seorang lulusan sarjana agama, tapi selain menguasai masalah keagamaan beliau juga menguasai bidang keolahragaan, makanya beliau ditunjuk sebagai guru olahraga. Selain bidang keagamaan dan keolahragaan, beliau ahli dalam ilmu beladiri juga lho... ;)

Sebelum Kepala sekolahku yang sekarang ini, SMAku dipimpin oleh orang yang luar biasa, *Kepsek yang sekarang juga luar biasa kok. Beliau adalah seorang dosen, tokoh masyarakat, kyai dan juga seorang penulis. Yang membuat aku kaget, saat aku dan teman-teman silaturahim ke kediaman beliau, beliau menceritakan keahliannya dalam bidang fotografi. Beliau memberitahu kami foto yang baik dan bagaimana cara mengambil foto yang baik dan benar. Ternyata beliau belajar Ilmu fotografi pada saat kuliah. Pada saat kuliah kosong, beliau sering ikut kuliah di kelas lain yang mempelajari ilmu fotografi. Sungguh orang yang luar biasa.

Sedikit tambahan ilmu dari beliau, namun membuatku semakin semangat dan aku ingin sekali mendalami ilmu fotografi. Walaupun aku belum mengetahui teori fotografi yang baik dan benar, saat ada acara di sekolah atau saat berlibur bersama temen-teman aku selalu minta agar yang ambil foto itu aku. menurutku praktek langsung itu lebih baik dan lebih asik daripada hanya mengetahui teori tanpa praktek. Hanya dengan bekal teori yang aku tahu dari guruku itu, aku mulai mencoba dan terus bereksperimen agar bisa mengghasilkan foto yang berkualitas.

Setelah lulus SMA, aku pindah ke kota lain, lebih jauh lagi dari rumah. Lagi-lagi harus adaptasi dari awal. Tempat baru, suasana baru, tak lagi di sekolah tapi di kampus, teman baru, tak lagi guru baru tapi dosen baru.

Oh iya, sampai saat ini aku belum mempunyai kamera, aku hanya berbekal kamera hp. Dari hp dengan kamera berkualitas VGA kemudian meningkat ke kelas 3,2 MP. Walaupun foto yang dihasilkan tidak terlalu jelas, aku tak peduli. Pada momen-momen penting, aku sering meminjam kamera temanku, kamera dengan tipe masih di bawah DSLR, namun sudah sangat bagus bagiku. Berharap, suatu saat nanti bisa beli sendiri kamera profesional dan menghasilkan foto-foto yang INDAH. ;)

posted from Bloggeroid
Diperbarui
Tambahkan Komentar