Liga Blogger Indonesia? Apaan sih Liga Blogger Indonesia itu? Turnamen sepak bola antar blogger se-Indonesia gitu ya?”

Hahaa, jangan salah, Liga Blogger Indonesia ini adalah sebuah ajang dimana para blogger dikumpulkan dalam sebuah kompetisi yang bernama Liga Blogger Indonesia atau LBI. Kenapa Liga? Mungkin karena bentuk kompetisi dan penilaiannya mengadopsi seperti liga dalam sepak bola kali, hahaa. Oh iya, Liga Blogger Indonesia ini diselenggarakan oleh Komunitas Blogdetik Semarang (DotSemarang).

Setiap blogger yang mengikuti Liga Blogger Indonesia akan diberi tantangan oleh panitia LBI. Tantangan ini akan diberikan tiap pekan sekali. Dari penyelenggara, kita diberi waktu selama lima hari mulai dari hari senin sampai jumat untuk menyelesaikan 'tantangan' tiap pekannya. Tantangannya berupa menulis tiga buah postingan dalam blog, yang terdiri dari sebuah postingan yang sesuai dengan tema yang sudah ditetapkan oleh penyelenggara (mendapatkan poin satu) dan dua postingan dengan tema bebas (mendapat poin satu). Selain menulis tiga postingan, para blogger juga ditantang untuk mendatangkan komentar di dua postingan yang bertema bebas tadi, jika jumlah orang yang berkomentar lebih dari lima, maka blogger akan mendapatkan satu poin tambahan. Maka jika ada blogger yang bisa menyelesaikan semua tantangan akan mendapatkan 3 poin dalam satu pekan.

Untuk sementara Liga Blogger Indonesia ini hanya dilaksanakan selama 4 pekan, dimulai awal bulan Oktober ini sampai pekan ke-4. Kok cepet sih? Ya maklum, Liga Blogger Indonesia ini baru pertama kali digelar oleh penyelenggara. Bahkan kompetisi blogger yang mengadopsi sistem liga seperti ini mungkin yang pertama kalinya di Indonesia. Tapi biarpun baru pertama kali dilaksanakan dan hadiahnya pun tak seberapa, banyak blogger yang antusias mengikuti kompetisi ini, termasuk aku :D

Motivasi aku mengikuti Liga Blogger Indonesia ini bukan karena hadiah tapi dengan adanya kompetisi semacam ini kita akan ditantang oleh penyelenggara untuk lebih produktif dalam menulis blog, sehingga blog kita akan lebih hidup karena ada postingan-positngan baru tiap pekannya bahkan bisa tiap hari. Selain dituntut lebih produktif, kita ditantang untuk menuliskan tentang sebuah tema yang sudah ditentukan oleh penyelenggara, tentunya ini bisa melatih kemampuan kita dalam menulis. Untuk pekan pertama ini temanya adalah 'Liga Blogger Indonesia'.

Selain kita dapat berlatih menulis produktif, kita juga diuntungkan karena setiap postingan kita di blog akan dishare oleh penyelenggara, yang artinya blog kita dipromosikan ke semua pembaca DotSemarang, asik kan bisa promosi gratis, hahaa.

Harapanku sih smoga akan ada Liga Blogger Indonesia lanjutan, jadi tidak mandek di bulan ini saja, karena manfaat dari kompetisi ini sangat luar biasa, kita dipaksa nulis tapi tidak merasa dipaksa. Salam Blogger Indonesia...! :)


Bookmark and Share

3 komentar:

  1. Kok tidak nambah postingannya... Kan dah ikut LBI :D

    BalasHapus
  2. 3 bulan kemarin lagi sibuk praktek nih, gak sempet ngurus blog. *jgn percaya* hahaa
    Baca nih disini :D → Indahnya Sebuah
    Kebersamaan.

    BalasHapus

 
Wawa eN Venture © 2010 - 2016. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Top