KETEP PASS, itulah nama yang tertulis besar di depan pintu masuk area gardu pandang Ketep ini. Entah dilarang atau tidak, kami menyempatkan diri untuk berfoto didepan tulisan yang berada di sebelah kiri pintu masuk ini. Di hari yang berawan, Sabtu, 2 Juni 2012 kami mampir sejenak di Gardu Pandang Ketep Pass.

Ketep Pass
Ketep Pass berada di Desa Ketep, Sawangan, Magelang, Jawa Tengah, tepat di pinggir jalur Boyolali-Magelang. Ketep Pass yang berada pada ketinggian 1200 mdpl dengan luas kurang lebih 8000 m2 ini merupakan objek wisata alam dengan ciri khas wisata kegunungapian, khususnya Gunung Merapi. Pada tanggal 17 Oktober 2002, Ketep Pass diresmikan oleh Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri sebagai kawasan wisata jalur SoloSeloBorobudur (SSB).

Walaupun jarak rumahku dengan Ketep ini tergolong dekat, tapi aku baru dua kali ini masuk ke area Gardu Pandang Ketep Pass. Nggak tau kenapa aku agak males kalau diajak kesini. Mungkin karena aku sudah terlalu sering lihat gunung kali ya, hahaa. Karena ada salah dua temenku yang pengen lihat 'ada apa sih di Ketep itu?' terpaksa aku nganter mereka kesini.

Para Penakluk
Ini dia personil dadakan yang akan mencoba menaklukkan Puncak Triangulasi (3.145 mdpl), puncak tertinggi Gunung Merbabu *ini mau muncak ato mau ke mall sih? :P*. Oke, lupakan penampilan kami, hahaa. Seneng juga melihat dua temenku yang merasa puas udah nyampe di Ketep Pass, sudah dua minggu mereka ingin ke Ketep namun belum kesampaian. Dan baru kesampaian setelah diajak berangkat bareng temenku yang mau muncak dan akhirnya ikut berangkat muncak sekalian, makanya sebelum muncak kita sempatkan mampir untuk memenuhi keinginan dua orang temenku itu...

Patung Burung Garuda
Patung Garuda ini mengarah ke Puncak Garuda, puncak tertinggi Gunung Merapi. Namun karena erupsi Merapi 2010 lalu, mengakibatkan puncak garuda menjadi miring dan akhirnya hilang.

Disini ada bioskopnya juga loh. Namanya Ketep Vulcano Theatre tempat diputarnya film dengan durasi kurang lebih 25 menit yang menampilkan seluk beluk Gunung Merapi, baik proses terbentuknya, maupun rekaman-rekaman saat terjadinya erupsi Gunung Merapi. Rekaman erupsi yang terbaru tahun 2010 pun juga dipertontonkan di Ketep Vulcano Theatre ini. Kurang lebihnya penjelasan tentang Ketep Vulcano Theatre sih seperti itu, karena aku sendiri belum pernah masuk ke dalam apalagi nonton filmnya, hahaa.

Kemarin sebenarnya ingin sekali masuk, namun karena waktu sudah siang dan ingin cepet-cepet muncak akhirnya kami menunda keinginan kami ini. semoga nanti bisa kembali kesini dan melihat film yang dipertontonkan didalam teater ini.

Gunung Merapi dilihat dari Ketep

Selain Gunung Merapi dan Gunung Merbabu, dari Gardu Pandang Ketep ini juga terlihat Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing, serta Gunung Slamet. Karena dari tempat ini dapat melihat lima gunung, maka pelataran yang ada di tempat ini diberi nama Pelataran Panca Arga, yang artinya Pelataran Lima Gunung.

Selain gunung-gunung tersebut, kita juga bisa melihat bukit-bukit, mulai dari Bukit Menoreh, sampai Bukit Telomoyo. Gunung Tidar (cuma namanya aja nih yang gunung, sebenarnya cuma bukit ;p) yang terdapat di tengah Kota Magelang juga terlihat jelas jika tak ada kabut yang turun.

Jangan lupa beli jagung bakarnya ya, pas banget karena udara disini dingin-dingin gimana gitu...hahaa :)

Selamat berlibur ke Ketep Pass
Magelang,
Sabtu, 2 Juni 2012
Bookmark and Share

3 komentar:

 
Wawa eN Venture © 2010 - 2016. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Top