Bagi semua saudaraku kaum muslimin dan muslimat di mana pun kalian berada, aku ingin mengucapkan selamat merayakan hari raya ‘Idul Adha 1433 H. Semoga dengan datangnya hari raya ‘Idul Adha ini kita bisa semakin menghayati makna dan meneladani dari kisah Nabi Ibrohim dan Nabi Ismail, Aamiin. ‘Idul Adha mengingatkan kita tentang kisah Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail yang mana kisah tersebut mengajarkan kita tentang ibadah qurban, maka dari itu hari raya ‘Idul Adha juga sering disebut hari raya ‘Idul Qurban.

Disini aku nggak akan menceritakan apa itu ibadah quban, bagaimana hukumnya dan apa saja syarat-syaratnya. Aku hanya ingin berbagi cerita tentang pelaksanaan Qurban yang aku ikuti seharian tadi. Selama kuliah di Semarang, baru tahun ini aku hari raya ‘Idul Qurban nggak pulang ke rumah di Boyolali. Bukannya tanpa sebab aku nggak pulang, sehari sebelum ‘Idul Qurban, hari kamis ada undangan walimahan/pernikahan temenku dari Kendal. Karena temenku itu shohib banget sama aku, jadi nggak enak kalau nggak hadir di pernikahannya, jadi ngalahin nggak pulang deh. Sebenernya bisa pulang sehabis dari acara walimahan temenku, tapi setelah aku pikir-pikir pengen juga ngrayain ‘Idul Qurban bersama temen-temen di Semarang. :D

Masyarakat yang melihat hewan kurban

Suasana sehari sebelum ‘Idul Qurban, mendadak samping masjid jadi kaya pasar hewan, karena panitia qurban Masjid Al Amin mendapat hewan qurban lumayan banyak, sapinya ada 11 ekor dan kambingnya berjumlah 54 ekor. Hewan qurbannya banyak, ditambah masyarakat yang ingin melihat hewan qurban terutama anak-anak, jadinya rame banget. Mendingan liatin aku ya dari pada sapi apalagi kambing, hahaa. Yah, maklum lah anak-anak kota jarang liat sapi dan kambing. :p

Para warga melihat proses pemotongan hewan kurban
Waktu pelaksanaan pemotongan hewan qurban, panitianya lumayan cepat dan sigap dalam menangani hewan qurban ini, karena 11 sapi dan 54 kambing bisa selesai dipotong dan dibagikan kepada penduduk sekelurahan dalam satu hari dari habis sholat 'ied sampai sebelum waktu sholat 'Ashar. Salut deh sama panitianya. :D

Penyembelihan kambing

Pemotongan Sapi


Sapi calon korban, terlihat menangis haru tuh, hihii
  
Jagal mulai beraksi


Proses pengulitan hewan kurban


Kambing guling, wkkk


Pak, hati-hati pak, pakae perasaan kalo perlu :p
Ini dia kambing yang baru saja disembelih


Zoom in, hahaa
Tumpukan potongan kepala kambing


Say good bye, wassalam ;)

Bookmark and Share

0 komentar:

Poskan Komentar

 
Wawa eN Venture © 2014. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Top